Banyak Kemiripan, Ini 6 Perbedaan Redmi 7 dan Redmi 7A

banyak-kemiripan-ini-6-perbedaan-redmi-7-dan-redmi-7a

Redmi 7 telah diluncurkan pada April 2019 lalu kemudian disusul dengan seri terbarunya yaitu Redmi 7A yang dirilis pada Agustus 2019. Keduanya merupakan smartphone Redmi generasi ketujuh dari pabrikan Xiaomi.

Read More

Memiliki nama dan tampilan yang hampir mirip, apa perbedaan Redmi seri 7 dan Redmi seri 7A? Sebenarnya, spesifikasi kedua smartphone ini hampir sama. Baik seri 7 maupun seri 7A juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan pada beberapa sektor.

Perbedaan Redmi 7 dan Redmi 7A

Berikut ini adalah 6 perbedaan antara smartphone Redmi 7 dan Redmi 7A

1. Ukuran layar

Perbedaan yang pertama adalah pada ukuran layarnya. Redmi 7 memiliki ukuran layar yang lebih luas dibanding seri 7A meskipun keduanya sama-sama memiliki resolusi layar sama, yaitu HD+.

Redmi 7 mengusung bodi dengan dimensi 158.7×75.6×8.5 mm berat 180 gram serta layar berukuran 6.26 inci. Sedangkan seri 7A, mengusung layar yang lebih kecil dengan ukuran 5.45 inci dan dimensi bodi 146.3×70.4×9.6 mm serta berat 165 gram. Dengan demikian, Redmi 7 memiliki ukuran layar yang lebih luas sedangkan seri 7A memiliki bobot yang lebih ringan.

2. Dapur pacu

Perbedaan yang kedua terletak pada sektor dapur pacu. Keduanya sudah menggunakan prosesor Octa core. Bedanya, Redmi 7 menggunakan Octa core 1.8GHz sedangkan seri 7A menggunakan Octa core 2.0GHz.

Tidak hanya itu, jenis chipset yang digunakan kedua smartphone keluaran Xiaomi ini juga berbeda. Redmi 7 dibekali Snapdragon 632 dengan fabrikasi 14nm dan GPU Adreno 506. Untuk Redmi 7A, ditanamkan chipset Snapdragon 439 dengan fabrikasi 12mm dan GPU Adreno 505. Secara performa, Redmi 7 lebih unggul dibanding Redmi seri 7A.

3. Kamera

Perbedaan yang ketiga adalah pada sektor kamera. Redmi 7 dibekali dengan dual kamera utama, masing-masing berkekuatan 12MP dan 2MP. Berbagai sensor juga telah disematkan pada dua kamera utama ini, mulai dari HDR hingga depth sensor. Kamera ini juga telah mendukung pengambilan video 1080p di 30 fps dan 60 fps.

Untuk Redmi seri 7A hanya dibekali dengan satu kamera utama dengan kekuatan 12MP. Kamera dari smartphone ini memiliki fitur yang sama dengan kamera milik Redmi 7, kecuali fitur depth sensor dan dukungan pengambilan video yang hanya 30 fps.

Pada kamera depan, smartphone Redmi 7 dibekali satu buah kamera beresolusi 8MP sedangkan untuk seri 7A dibekali kamera 5MP.

4. Sensor keamanan

Perbedaan yang keempat adalah pada sensor keamanan. Redmi generasi ketujuh ini dibekali sensor keamanan yang lebih lengkap daripada seri 7A, mulai dari sensor sidik jari hingga sensor pengenalan wajah. Sedangkan seri 7A hanya dibekali sensor pengenalan wajah atau Face Recognition tanpa sensor sidik jari.

5. Kapasitas penyimpanan

Perbedaan yang kelima adalah pada kapasitas penyimpanan. Tersedia dua varian kapasitas penyimpanan pada smartphone Redmi 7, yaitu varian 2GB/16GB dan varian 2GB/32GB. Anda juga bisa menambahkan memori eksternal hingga 1TB.

Sedangkan Redmi 7A hanya memiliki satu varian kapasitas penyimpanan, yaitu 2GB/16GB. Untuk memori eksternal, Anda hanya bisa menambahkan microSD hingga 256GB.

6. Harga

Perbedaan yang keenam adalah masalah harga. Keduanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Hanya saja, seri 7A dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding Redmi 7. Harga Redmi 7 sekitar Rp1.4jutaan sedangkan harga Redmi seri 7A sekitar Rp1.1jutaan.

Demikian perbedaan antara smartphone Redmi 7 dan Redmi 7A. Perbedaannya tidak terlalu signifikan, termasuk juga pada harganya. Agar tidak bingung, Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan Anda dan juga budget yang Anda miliki.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *