8 Kiat Menciptakan Dunia Fiksi Bagi Pemula

desain cover buku,jasa layout buku murah

Menciptakan dunia fiksi memang tidak mudah, bahkan sebagian orang merasa sulit menciptakan world building dalam novel tersebut. Membawa pembaca masuk dalam cerita merupakan pekerjaan seorang penulis profesional. Bila Anda memiliki passion di bidang ini dan tertarik menjadi penulis novel, tidak ada salahnya untuk belajar fokus membuat novel. Namun demikian, ada beberapa kiat yang dapat membantu Anda menciptakan dunia fiksi. Kiat-kiat ini juga akan memudahkan pembaca Anda memasuki dunia yang telah Anda ciptakan. Bila novel sudah jadi dan memasuki proses pengendapan, Anda bisa memesan jasa desain cover buku berkualitas untuk novel perdana tersebut.

Read More

Tips Awal Belajar Menulis Novel

Supaya Anda bisa menulis novel yang runut dengan konflik dan penyelesaian bagus, sebaiknya pertimbangkan poin-poin penting dalam novel berikut :

1. Menentukan judul dan premis

Judul bisa memberikan gambaran novel atau bisa memantik rasa penasaran pembaca sehingga perlu membuat judul yang menarik, sedangkan premis atau kalimat singkat yang bisa menggambarkan kisah novel tersebut. Judul dan premis penting karena dapat menjual buku. Judulnya harus menarik dan unik, sementara premisnya harus singkat dan langsung ke intinya. Pastikan bahwa premisnya tidak terlalu panjang, tetapi jangan membuatnya terlalu pendek juga.

2. Membuat synopsis

Sinopsis merupakan kerangka cerita yang memberikan gambaran garis besar dan biasanya pihak penerbit meminta sinopsis untuk pengajuan naskah. Sinopsis adalah ringkasan singkat dari cerita Anda dan tujuannya. Sinopsis yang baik akan memberi editor atau penerbit ide jika mereka menyukai premis cerita Anda, tetapi tidak boleh lebih dari satu halaman.

3. Membuat blurb

Blurb yang menarik pembaca di sampul akhir bisa menjadi kunci novel Anda diminati banyak orang nantinya. Blurb adalah deskripsi singkat tentang buku, yang harus cukup menarik untuk membuat pembaca ingin membacanya. Jika Anda dapat membuat uraian singkat yang mudah diingat, yang membuat orang tertarik pada cerita dan membuat mereka ingin segera membacanya, novel Anda akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk diperhatikan di Amazon atau situs lain tempat buku yang diterbitkan sendiri dijual.

4. Menciptakan tabel karakter

Tabel karakter akan membantu Anda mengingat semua karakter dalam cerita mulai tokoh protagonis, pembantu dan antagonis, termasuk gaya menulis sesuai sudut pandang pilihan.

5. Merumuskan konflik utama

Hal paling penting yang akan menjadi poin menarik dalam cerita yang Anda kemas tersebut. Rumuskan sejak awal dan evaluasi apakah konflik utama sudah kuat apa belum, ya!

6. Membuat sub-sub konflik

Konflik tambahan yang harus Anda tambahkan untuk membuat tokoh utama semakin kuat atau punya perjuangan untuk menyelesaikannya.

7. Alur lengkap

Buat kerangka cerita dari awal hingga akhir secara lengkap atau bisa berupa garis besar untuk mempermudah Anda menuliskan cerita. Jangan lupa untuk menuliskan latar atau setting yang Anda ambil, ya!

8. Penyelesaian dan ending

Bagaimana Anda menyelesaikan novel tersebut; apakah ingin konflik utama selesai dulu, kemudian menyelesaikan konflik tambahan atau penyelesaian berada pada akhir cerita. Tentukan apakah novel akan berakhir bahagia atau sedih sesuai dengan keinginan masing-masing. Ending bisa saja diletakkan di depan cerita, tetapi pemula bisa belajar membuatnya pada akhir.

Hasil novel Anda sebaiknya dibiarkan lebih dulu agar Anda bisa membaca ulang dan mengetahui titik kekurangannya. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui bolong logika yang mungkin muncul dalam novel, termasuk kesalahan penulisan. Jika semua sudah bagus dan rapi, Anda bisa segera mempertimbangkan jasa desain cover buku dan jasa layout buku murah untuk menyiapkan soft file menjadi novel cetak, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *